Minggu, 27 Maret 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran :Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS)
Kelas/semester :V/1
Pertemuan ke :-
Alokasi waktu :18 jam(6x pertemuan)

Standar Kompetensi :

  1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam,keragaman kenampakan alam dan suku bangsa ,serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
Kompetensi dasar :
  • Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta /atlas/gtlobe dan media lainnya.
Indikator :
1.3.1 Menjelaskan keragaman kenampakan alam di Indonesia
1.3.2 Menggambar peta Indonesia dengan menggunaka symbol
1.3.3 Mengidentifikasi cirri-ciri kenampakan alam wilayah Indonesia.
1.3.4 Menunjukkan pada peta persebaran flora dan fauna di wilayah Indonesia
1.3.5 Mendeskripsikan cirri dan sifat cuaca dan iklim di Indonesia
1.3.6 Menceritakan terjadinya pergatian musim di Indonesia
1.3.7 Mendiskripsikan kenampakan alam buatan di Indonesia
1.3.8 Menjelaskan perbedaan waktu di Indonesia

I. Tujuan Pembelajaran :
1. Membuat peta wilaya Indonesia
2. Mendiskipsikan keragaman kenampakan alam Indonesia
3. Mengidentifikasi kenampakan alam di Indonesia
4. Menunjukkan flora dan fauna di Indonesia
5. Menjelaskan cirri dan sifat cuaca dan iklim di Indonesia
6. Menjelaskan terjadinya musim di Indonesia
7. Menjelaskan pembagian waktu di Indonesia
 
II.Materi Ajar :
1. Peta Indonesia
2. Kenampakan alam Indonesia
3. Flora dan fauna di Indonesia
4. Cuaca,iklim,dan musim di Indonesia
5. pembagian waktu di Indonesia

III.Metode Pembelajaram :
1. Tugas
2. Kerja Kelompok
3. Pengamatan
4. Demonstrasi

IV.Langkah-langkah pembelajaran :

Pertemuan 1
a. Kegiatan awal
Apresiasi:menanyakan kepada siswa pernakah menggambar peta,bagaimana langkah-langkah menggambar peta agar hasilnya bagus?

b. KEgiatan Inti
1) Guru meminta siswa mencari peta Indonesia didalam buku
2) Guru memasang peta Indonesia buatan guru yang sudah di lengkapi dengan skla sederhana
3) Guru memberi contoh menggambar salah satu pulau di Indonesia pada skala
4) Guru meminta kepada siswa membuat peta Indonesia
5) Guru memberi bimbingan kepada siswa yang mendapat kesuliatan

c.Kegiatan Akhir:
1) Memberi penghargaan hasil karya siswa
2) Memajang hasil karya siswa
3) Uji Kompetensi

Pertemuan 2

a.Kegiatan Awal
Apresiasi :kenampakan apa saja yang dapat kita lihat di bentang permukaan bumi di Indonesia ini?

b.Kegiatan Inti
1) Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok
2) Guru memepresentasikan jawaban secara deklaratif tentang kenampakan alam di Indonesia
3) Guru membagi lembar kerja yang sudah di persiapkan
4) Guru memberikan pekerjaan siswa apakah sudah di kerjaan dengan benar dan langsung memberikan bimbingan kelompok yang belum mengerjakan dengan benar.

c.Kegiatan Akhir
1) Siswa/kelompok mempresentasikan hasil .
2) Menilai pekerjaan siswa
3) Membimbing siswa membuat rangkuman
4) Evaluasi/uji kompetensi

Pertemuan 3

a.Kegiatan awal(pendahuluan)
Apresiasi:apakah yang kau ketahui tentang flora dan fauna?

b.Kegiatan inti Eksplorasi
1) Guru memasang peta persebaran flora dan fauna di Indonesia serta menjelaskan simbol-simbol yang ada.
2) Guru meminta kepada siswa mencari informasi dengan membaca buku
Elaborasi
3) Guru memberikan tugas untuk masing – masing kelompok
4) Guru meminta tiap kelompok memajang hasil tugas di tempat yang mudah di baca kelompok lain
Elaborasi
5) Tiap-tiap kelompok,membaca dan mempelajari hasil tugas kelempok lain
Konfirmasi
6) Diskusi untuk membahas hasil
c.Kegiatan Akhir
1) Guru membimbing siswa membuat rangkuman
2)Uji Kompetensi


Pertemuan 4

 a.Kegiatan Awal(pendahuluan)
Apresiasi:apakah yang dimaksud cuaca dan iklim?

b.Kegiatan Inti
Eksplorasi
1. guru menuntun jawaban siswa dan meminta kepada siswa untuk membaca buku
2. guru menyampaikan pengetahuan deklaratif tentang cuaca dan iklim.
Elaborasi
3. guru mengundi pertanyaan untuk di pecahkan secara kelopok
Konfirmasi
4. masing-masing kelompok melaporkan hasil

c.Kegiatan Akhir(penutup)
1) guru meminta waktu kelompok memperesentasikan hasil diskusi
2) siswa membuat rangkuman
3) Uji Kompetensi
4) memberi tugas mengamati cuaca selama satu minggu

Pertemuan 5

a.Pertemuan Awal(pendahuluan)
Apresiasi:kemanajah arah angina bertiup?

b.Kegiatan Inti
Eksplorasi
1) guru menuntun jawaban siswa dengan menunjukkan gambar angin Muson barat dan Muson Timur,serta meminta siswa membaca buku
2) menjelaskan secara deklaratif pengaruh arah angina yang berganti tiap 6 bulan sekali
Elaborasi
3) guru memebri lembar kegiatan siswa(LKS),yang sudah disiapakan
Konfirmasi
4) guru memeriksa apaka setiap siswa sudah dapat mengerjakan tugas,dan langsung memberi bimbingan kepada siswa yang mendapat kesulitan

c.Kegiatan Akhir(penutup)
1) guru minta beberapa siswa mempresentasikan hasil
2)membimbing siswa membuat rangkuman
3)uji kempetensi

Pertemuan 6

a.kegiatan Awal(pendahuluan)
Apresiasi:apakah globe itu?,apakah yang di maksud garis bujur?,dimanakah letak astronomis wilayah Indonesia?

b.kegiatan Inti
Eksplorasi:
1) guru menuntun jawaban siswa dan meminta siswa untuk mencari informasi diabetes dalam buku
2) guru mempresentasikan pengetahuan deklaratif dengan peraga globe tentang :letak wilayah
3) membagikan lembar tugas(pengamatan)tiap-tiap siswa
Elaborasi
4) guru menuntun kegiatan siswa dengan mendemonstrasikan komponen globe
Konfirmasi
5) membahas hasil pengamatan
c.kegiatan akhir(penutup)
1)guru membimbing siswa mwmbuat rangkuman
2)uji kompetensi


IV.Alat/Bahan/Sumber belajar
1 Buku siswa
2 globe
3 peta Indonesia
4 LKS buatan guru


V.penilaian
a.Tes tertulis:uraian
b.Tes uji petik kerja produk
Tes uraian
1) sebutkan masing-masimg tiga perbedaan dan persamaan wilayah provinsi dalam hal kenampakan alam!
2) Apa keuntungan dan kerugian kawasan industri?
3) Beri contoh 5 kenampakan alam buatan!
4) Apakah fungsi symbol pada peta?
5) Beri contoh fauna bercorak asia!
Tes uji petik kerja produk
Gambarlah salah satu pilau di Indonesia,lengkapi dengan symbol peta!







 Mengetahui ……………………….2011
Kepla Sekolah         Guru kelas

 (……………………………)        (………………………………)
  NIP:………………………       NIP:……………………….

Read More..

Kamis, 24 Maret 2011

Contoh Kata Pengantar

Puja dan puji syukur punulis panjatkan kehadapan Tuhan YME, karena berkat rahmatnya makalah ini dapat diselesaikan tepat waktu tanpa adanya suatu halangan yang berarti.
Penulisan makalah yang berjudul “Sistem Reproduksi” ini bertujuan untuk memenuhi tugas yang diberikan guna mengisi nilai semester 2. Selain itu penulisan makalah ini juga ditujukan untuk untuk memaparkan mengenai sistem reproduksi pada manusia, hewan dan tumbuhan.

Diharapkan dengan adanya makalah ini, teman-teman yang lain dapat lebih mengerti mengerti mengenai materi sistem reproduksi manusia, hewan dan tumbuhan.
Demikian kami mengharapkan semoga makalah ini dapat memberikan manfaat yang maksimal kepada teman-teman dan para pembaca. Kami sadar bahwa makalah ini sangat jauh dari kesempurnaan mengingat keterbatasan yang kami miliki. Kami berharap agar teman-teman berkenan untuk memberikan saran dan kritikan demi kesempurnaan makalah yang kami buat ini. Tidak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh semua pihak

Read More..